Sabtu, 24 Maret 2012

Aspek Hukum dalam ekonomi #

Wajah Hukum di Indonesia

Menurut saya , hukum di indonesia ini sudah kacau balau dan hampir tidak dipercayai lagi oleh masyarakat . Apa lagi di zaman modern ini , hukum semakin menjadi – jadi . Bagaimana bisa dipercaya oleh masyarakat , para penegak hukum pun dalam hal ini sering terjangkit penyakit ketidak adilan , walaupun dalam hal ini hanya ditujukan pada oknum - oknum tertentu yang telah melakukan ketidak adilan tersebut.

Tetapi dalam hal ini para penegak hukum yang tidak melakukan hal demikian ikut terbawa - bawa dalam hal ini , dalam arti dia ikut menanggung hasil perbuatan para rekannya yang tidak terpuji itu .

Para rakyat jelata semakin terpuruk , berteriak dan meratap tangis melihat kondisi bangsa ini berada dalam ketidak adilan , mereka merasa hukum hanya berlaku bagi rakyat miskin atau kalangan menengah saja .

Hal ini sudah banyak kita jumpai , sebagai contohnya : Kasus nenek Minah yang berasal dari Banyumas yang divonis 1,5 bulan kurungan adalah bukti salah satu contoh ketidak adilan hukum di Indonesia . Kasus ini berawal dari pencurian 3 buah kakao oleh nenek Minah .Nenek Minah melakukan itu juga karna ada sebabnya dan saya juga setuju apapun yang namanya tindakan mencuri adalah kesalahan / melanggar hukum .

Namun demikian jangan lupa hukum juga mempunyai prinsip kemanusiaan dan hukum itu juga tidak memandang dari segi apapun , baik dari segi kekayaan , segi pendidikan dan sebagainya , hukum dibuat juga buat keadilan kita semua . Setiap orang juga berhak kok mendapatkan keadilan di Negara kita ini . Masak nenek - nenek seperti itu yang buta huruf , yang tidak tahu apa - apa tentang masalah hukum , divonis dengan hukuman 1.5 bulan kurungan .

Memang hukum dibuat untuk menegakkan keadilan , tapi setidaknya bisa mengertilah bagaimana kondisi perekonomian nenek Minah yang tidak punya apa – apa ( masalah perekonomian ) . Dimana kebijaksanaan , rasa kepantasan , rasa kemanusiaan dan kepatutan dari para aparat penegak hukum ??

Contoh lainnya , masih banyak para aparat penegak hukum di Indonesia yang menerima suap . Hakim yang dianggap tahu akan hukum masih juga melakukan ketidak adilan , hal itu tidak dapat kita pungkiri karena sudah banyak hakim yang ketahuan menerima suap .

Menurut para ahli kepintaran dan keprofesional tidak menjamin seseorang itu bisa adil , tetapi orang yang pintar , arif bijaksana dan mempunyai hati nurani dan rasa kemanusiaan mungkin bisa memberikan sedikit rasa keadilan .

Mau jadi apa Negara Indonesia kita ini , kalau aparat penegak hukum saja masih melakukan seperti itu ?? Bukan kah yang di inginkan rakyat saat ini adalah Negara yang maju , yang menginginkan keadilan dari Negara nya ??

Dari masalah tersebut di atas , saya tidak habis fikir . Kenapa wajah hukum di Indonesia seperti ini , di Negara kita ini yang selalu kita bangga – banggakan akan kekayaan nya ?? Tapi memang begitu lah , wajah hukum di Indonesia saat ini , masih banyak lagi kasus – kasus buruk lainnya yang belum kita ketahui .. Dan harus kepada siapa juga kita mempercayai masalah hukum ??

Jika pemerintah masih seperti ini kapan negara akan maju menjadi negara yang aman damai dan sejahtera , semoga kita dapat merenungi bersama dan melakukan perubahan kedepannya .

http://www.facebook.com/note.php?note_id=193902933986703

Tidak ada komentar:

Posting Komentar