Kamis, 28 Juni 2012

tulisan #


BBM di Rumah Kita

Selain untuk kebutuhan memasak dan transportasi , BBM juga digunakan untuk kebutuhan pembangkit listrik lho .. jumlah kebutuhan dari pembangkit listrik itu tergantung pada pemakaian listrik di setiap rumah , perkantoran dan juga tempat usaha lainnya .

Jika kita memakai listrik secara boros , maka akibatnya PLN sebagai pengelola listrik Negara akan membutuhkan lebih banyak BBM untuk menjalankan mesin – mesin pembangkit listrik . Itu akan membuat jumlah BBM yang tersedia semakin cepat habis dan semakin sedikit . Tentu sebaiknya kita menghemat penggunaan listrik . Baik itu untuk lampu maupun alat – alat lain yang menggunakan listrik .

Kalian tahu tidak , persamaan antara proses penyaluran BBM ke pom bensin dengan penyaluran BBM kerumah kita ? Persamaannya adalah .. sama – sama rumit . Bahkan sebenernya lebih rumit proses penyaluran ke rumah kita .

Prosesnya seperti ini nih … pertama , minyak solar dibawa ke Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD ) , kemudian pembangkit itu menghasilkan listrik yang disalurkan melalui jejaring tegangan tinggi , kemudian listrik disalurkan lagi ke gardu di dekat rumah kita , setelah itu barulah kita bisa menggunakan listrik dirumah . Jangan heran kalau tariff listrik juga selalu naik mengikuti harga BBM . Jadi kita harus selalu menghemat pemakain listrik dirumah kita yaa :)

majalah sigma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar