Kamis, 28 Juni 2012

tulisan #


MATA
Kata yang satu ini memang kita dengar setiap hari . Setiap kali bercermin kata ini langsung terlihat . “MATA” memang ada dimana – mana . Tetapi sadarkah kalian bahwa kata “mata” dapat memiliki banyak sekali arti dn kegunaan ? jika kita benar menggunakannya , kita akan mendapatkan banyak sekali kata dengan satu kata “mata” .
Arti MATA
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia , kata mata memiliki tujuh arti langsung . hebat bukan ? Berikut arti dari mata :
1.    “indra untuk melihat”

2.    Sesuatu yang menyerupai mata ( seperti lubang kecil , jala ) . Seperti lubang pada jarum jahit , biasanya disebut juga mata jarum . Contoh kalimatnya : Ibu memasukkan benang ke mata jarum .

3.    Bagian yang tajam pada alat pemotong . Misalnya seperti mata pisau , mata kapak dan lain – lain . Contoh kalimatnya : siapa yang hendak mengasah mata pisau itu ?

4.    Sela antara dua garis : Misalnya pada penggaris , terdapat banyak garis – garis kecil untuk menunjukan panjang setiap satu cm . Nah , jarak seperti antara garis satu cm itu dan dua cm itu disebut mata .
5.    Tempat tumbuh tunas ( pada dahan , ubi , dan sebagainya ) : jika kita lihat pada sebuah batang pohon , biasanya tempat munculnya dahan akan tampak berbentuk melingkar . Itulah yang disebut mata .

6.    Arti kiasan , “ sesuatu yang menjadi pusat ; yang di tengah – tengah benar “ : seperti waktu kita menyatakan perasaan saying , maka kita akan berkata ‘kamulah mata hatiku’

7.    “yang terpenting” ( sumbu , pokok dan sebagainya ) : seperti penggunaan pada kalimat ini : Mata pencahariannya adalah bertani .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar